Sabtu, 04 Februari 2012

Atasi Skep Karburator Kawasaki Ninja 150 RR Nyangkut


Besutan keluaran Kawasaki, keluarga Ninja 150RR atau 150R memang jadi incaran para otomania. Maklum, selain tampilannya sporti, performa mesinnya juga terkenal kencang. Namun, terlepas dari itu, tentu ada saja masalahnya.

Salah satunya pada karburator, terutama tipe Ninja 150RR. Seperti dituturkan Heru Mustafa dari bengkel Scorpio Motorsport (SM), “Kalau cuaca dingin, skepnya suka nyangkut (gbr.1), yang disebabkan adanya ruang hampa di atas skep, dan saking rapatnya gak ada jalur udara agar skep bisa naik-turun, selain itu usia pakai juga bisa jadi faktor pemicunya.”
Spoiler for Gmbr1

Kok bisa ya? Padahal pengabut bahan bakar dan udara buatan Mikuni itu, skepnya sudah dilapis teflon untuk mengurangi friksi. “Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Namanya aja motor dipake sehari-hari,” lanjut Heru.

Daripada bingung, mendingan diatasi yuk! Bisa dilakukan sendiri, kok! “Caranya gampang, cukup bikin satu lubang, posisinya di bawah skep,” tutur pemilik bengkel yang berada di Jl. Meruya Selatan, No.53, Jakbar itu.

Mari bongkar! Sebelum bikin lubang, siapkan dulu peralatannya, yaitu bor berikut matanya ukuran 8 mm (gbr.2), dan obeng kembang.
Spoiler for Gmbr2

Pertama buka jok untuk memudahkan pekerjaan. Lalu lepas tangki bensin dari tempatnya, kemudian disusul boks filter udara. Setelah dibuka akan terlihat karburatornya, langsung saja kendurkan tutup skepnya dengan memutarnya ke arah kiri (gbr.3).
Spoiler for Gmbr3

Sudah? Tarik ke atas maka skep akan keluar. Nah tinggal membuat lubang pada skep tersebut dengan bor tadi. “Penempatannya bisa di mana saja, asalkan ada lubang pembuangan angin (gbr.4),” urainya.
Spoiler for Gmbr4

Kalau sudah selesai, pasang kembali perangkat tersebut seperti semula. Jangan lupa, sekalian cek perangkat lainnya. Seperti kabel gas lancar atau tidak. Kalau seret bisa dibersihkan dengan bensin lalu diberi pelumas. Setelah itu, coba dengan mainkan grip gas sambil jalan perlahan.

Gimana, beres kan?
SUMBER

1 komentar:

  1. Bro ane baru ngambil ninja rr tapi kog olsam nya boros banget padahal udah d setting irit,trus lari nya brebet d putaran atas dan asap nya ngebul banget. Kalo di matiin skitar 1 jam tu motor ngasap lagi dan brebet lagi. Mohon solusi nya

    BalasHapus