Rabu, 01 Februari 2012

tips super KIPS ninja 150


Buat agan agan yang memiliki motor Kawasaki Ninja 150 RR dan Kawasaki Ninja R 150 bermesin Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalves System) tentunya sering dibuat dongkol saat tiba-tiba tenaga mesin ngedrop dan menahan terutama di putaran atas. Belum lagi tiba-tiba asap knalpot jadi sangat banyak dan bensin jadi lebih boros.
Tapi ada baiknya terlebih dahulu kita ketahui bagaimana Super KIPS bekerja, Super KIPS pada Ninja bekerja pada rpm 7.000 ke atas. Saat mencapai rpm tersebut Super KIPS akan membuka supaya exhaustnya lebih besar, nah pada putaran dibawah 7.000 rpm Super KIPS akan menutup yang berakibat kotoran akibat pembakaran terhambat pada katup Super KIPS.
Dalam kuantitas tertentu kotoran ini akan membuat Super KIPS macet, dengan kata lain Super KIPS memang harus digunakan sekali-kali untuk mencegah kotoran mengendap terlalu lama.
Nah GoodNews nya gan, kita tidak perlu kebut-kebutan untuk mengaktifkan Super KIPS, cukup dengan memacu throtle pada angka di atas 7.000 rpm pada posisi gigi netral. Jangan lupa untuk melakukan hal ini sesering mungkin, berdasarkan pengalaman rentang waktu macetnya Super KIPS jika tidak pernah digunakan bervariasi antara 5-14 hari tergantung umur motor dan jarak tempuh sehari-hari.
Nah buat yg udah ketauan macet Super KIPS agan, ini ane kasihin tutorial bnerin sendiri..
Sebelumnya Siapin alat nya nih gan..
  • obeng plus
  • kunci ring 10 dan 8
  • kunci L 5
1. Copot karet pelindung Super KIPS
Spoiler for Penampakan:
2. Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Buka putar ke kanan (Clockwise) pakai kunci ring 10.
Spoiler for Penampakan:
3. Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Buka putar ke kiri (Anti Clockwise).
Spoiler for Penampakan:
4. Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Buka putar ke kanan (Clockwise). Kencengin, putar ke kiri (Anti Clock Wise).
Spoiler for Penampakan:
5. Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super KIPS.
Spoiler for Penampakan:
Nah sekarang katup penutup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.
Tinggal bersihiin deh gan. Kalo ada cairan carburator cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.
Setelah itu lumasi dengan grease (oli gemuk) Hi-Temp, bisa merek apa aja..
Semoga Trit ini Bermanfaat buat agan semuaa.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar